Pengertian E-COMMERCE – secara umum pengertian e-commerce dapat diartikan :

  • Menciptakan situs Web yang mengiklankan dan mempromosikan produk anda dapat dianggap “e-commerce.”
  • Merupakan kegiatan bisnis (perniagaan/perdagangan) atau jasa yang berhubungan erat dengan konsumen, manufaktur, ISP, pedagang perantara dengan menggunakan media elektronik utama yaitu internet.

Sedangkan menurut beberapa ahli atau pakar e-commerce dapat kita artikan menjadi :

  • Suatu proses membeli dan menjual produk-produk secara elektronik oleh konsumen dan dari perusahaan ke perusahaan dengan computer sebagai perantara transaksi bisnis” ( Laudon & Laudon (1998) ).
  • E-Commerce is a dynamic set of technologies, applications, and bussines process that link enterprises, consumers, and communities through electronics transactions and the electronic exchange of goods, services, and informations ( David Baum (1999, pp. 36-34)), diterjemahkan oleh Onno. W. Purbo: E-Commerce merupakan satu set dinamis teknologi, aplikasi, dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen, dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang, pelavanan, dan informasi yang dilakukan secara elektronik.
  • E-Commerce disebut juga dengan istilah Ecom atau Emmerce atau EC merupakan pertukaran bisnis yang rutin dengan menggunakan transmisi Electronic Data Interchange (EDI), email, electronic bulletin boards, mesin faksimili, dan Electronic Funds Transfer yang berkenaan dengan transaksi-transaksi belanja di Internet shopping, Stock online dan surat obligasi, download dan penjualan software, dokumen, grafik, musik, dan lain-lainnya, serta transaksi Business to Business (B2B). (Wahana Komputer Semarang 2002). 

4 perspektif definisi e-commerce (kalakota & whinston (1997)) – ada 4 perspektif dalam memahami pengertian e-commerce, yaitu :

  1. Perspektif komunikasi, E-Commerce adalah pengiriman barang, layanan, informasi, atau pembayaran melalui jaringan komputer atau melalui peralatan elektronik lainnya.
  2. Perspektif proses bisnis, E-Commerce adalah aplikasi dari teknologi yang menuju otomatisasi dari transaksi bisnis dan aliran kerja.
  3. perspektif layanan, E-Commerce merupakan suatu alat yang memenuhi keinginan perusahaan, konsumen, dan manajemen untuk memangkas biaya layanan (service cost) ketika meningkatkan kualitas barang dan meningkatkan kecepatan layanan pengiriman.
  4. Perspektif online, E-Commerce menyediakan kemampuan untuk membeli dan menjual barang ataupun informasi melalui internet dan sarana online lainnya.

Pemahaman – Dari semua pengertian tersebut baik secara umum maupun menurut beberapa ahli / pakar dapat dipahami bahwa pengertian e-commerce adalah:

  • ECOMMERCE/Perdagangan elektronik/e-dagang adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.
  • E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data  elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
  • Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-dagang ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), e-pemasaran (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

Pembahasan mengenai e-commerce dapat anda unduh pada link berikut ini dalam bentuk slide : download slide pengertian e-commerce

Artikel Terkait :

 

We'll One Over 14 Years Of Experience You Always The Best Guidance

Get Start
Show Buttons
Hide Buttons